Cara Resep Membuat Bakso Beranak

Pecinta Kuliner Bakso Nusantara pasti penasaran dengan Bakso Beranak, Bagaimana Cara Membuat Bakso Beranak yang sangat fenomenal itu?


Bahan Bakso Beranak :
1 Telr Sapi, Rebus
5 Telur Puyuh, Rebus
1/2 kilogram daging sapi
50 gram tepung kanji
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 sdm bawang putih goreng
2 sdm bawang merah goreng
40 gram es batu, hancurkan
2000 ml air

Bahan Kuah Bakso Beranak :
200 gr tulang sapi
3000 ml air

Bumbu kuah Bakso Beranak :
5 buah bawang merah dibersihkan, goreng, haluskan
7 siung bawang putih, bersihkan, goreng, haluskan
1/2 sdm bawang goreng jadi, haluskan
2 sdt kaldu sapi instan
2 sdt gula pasir
1 sdm garam dapur
1/2 sdt merica
4 btg daun bawang, diambil bagian putihnya. Iris halus

Cara Membuat bakso Beranak :
Masukkan tepung kanji, bawang putih, bawang merah, lada, garam, dan daging sapinya kedalam wadah. Uleni dengan tangan biasa atau menggunakan alat pencampur, seperti food processor maupun blender. Giling daging dan bahan ini sampai halus dan tercampur rata. Tambahkan es batu jika adonan daging lembek dan sulit untuk dibentuk. Rebus air dalam panci besar sampai panas hampir mendidih. Ambil kemudian genggam adonan daging bakso, lalu tekan supaya adonan bisa keluar diantara ibu jari dan jari telunjuk. Ambil adonan yang sudah muncul dengan menggunakan sendok, lalu masukan kedalam air panas. Begitu seterusnya. sisakan sedikit adonan buat luarnya. Lanjutkan dengan memasak pentol atau bola bola bakso tadi dengan menggunakan api besar, sampai semuanya terlihat mengapung. Angkat.

Setelah pentol-pentol bakso sudah matang, siapkan mangkok buat cetakan adonan luar (bungkus bakso), masukkan pentol-pentol tadi beserta telur sapi dan puyuh yang sudah direbus tadi, bungkus dengan sisa adonan, rebus dengan api kecil hingga kemerahan dan mengapung, angkat

Cara Membuat kuah Bakso Beranak :
Didihkan air, kemudian masukkan seluruh bahan dan bumbu untuk kuah secara bersama-sama. Tunggulah sampai air mendidih kembali dan tulangnya menjadi matang, kemudian tambahkan sisa air/kuah bakso. Supaya kuah tetap panas, biarkan diatas kompor dengan api kecil.

Demikian cara membuat bakso beranak dengan takaran bumbu yang pas, sehingga mempertahankan citarasa bakso yang sedap.

0 komentar:

Posting Komentar