Jaring (Jengkol) Betahilala - Resep dan Cara Membuatnya

Jagat Resep - Siapa sih yang tidak tahu jengkol. Buah ini merupakan buah yang memiliki nama latin pithecollobium labatum dan terkenal dengan aroma yang khas. Banyak orang yang tidak menyukai makanan ini. Namun banyak juga yang begitu tergila-gila dengan makanan ini. Di Indonesia makanan jengkol telah banyak diminati. Sehingga tidak heran jika jengkol telah dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan macam makanan. Kandungan jengkol tersebut dipercaya memiliki beberapa khasiat yang bisa dimanfaatkan sebagai beberapa solusi dari masalah kesehatan. Nah... bagi anda penggemar masakan jengkol coba saja Resep Membuat Jaring (Jengkol) Betahilala. Bagaimana cara membuatnya bisa anda praktekan caranya di bawah ini beserta siapkan bahan-bahannya ya.... Selamat mencoba.


Jaring (Jengkol) Betahilala - Resep dan Cara Membuatnya

Bahan :
2 butir kelapa
2 sdm gula
garam secukupnya

Bahan Pelengkap :
jengkol rebus secukupnya
lada bubuk secukupnya

Cara Membuat Jaring (Jengkol) Betahilala :
parut kelapa beri air kurang lebih 1 liter kemudian buat santan kental (perasan pertama & perasan kedua)
rebus santan sebentar kira2 satu kali mendidih, matikan api diamkan santan sampai terpisah antara air dan lemak santannya.
apabila sdh terpisah ambil bagian lemaknya saja masukkan ke dalam wajan.
masak sampai keluar minyak sambil terus di aduk agar tidak gosong.
pisahkan antara lemak yg sudah mateng dengan minyak. yg qta pakai hanya lemaknya.
selagi masih panas masukkan garam & gula, aduk rata.
tahilala siap di sajikan dengan jengkol yg sudah di rebus sampai empuk. untuk merebusnya bisa di tambahkan daun pandan untuk mengurangi baunya.
cara penyajiannx tahilala yg sudah jadi taburi dengan lada bubuk dan di campur dengan jengkol atau bisa juga jengkolnya d cocolkan dengan tahilalanya
untuk tahilalanya sendiri kalo sudah jadi warnanya akan berwarna putih, kalo yg d gambar warnanx agak coklat karna menggunakan gula merah.

0 komentar:

Posting Komentar