Garang Asam Manis Jengkol (Jengkol Item) - Resep dan Cara Membuatnya

Jagat Resep - Siapa sih yang tidak tahu jengkol. Buah ini merupakan buah yang memiliki nama latin pithecollobium labatum dan terkenal dengan aroma yang khas. Banyak orang yang tidak menyukai makanan ini. Namun banyak juga yang begitu tergila-gila dengan makanan ini. Di Indonesia makanan jengkol telah banyak diminati. Sehingga tidak heran jika jengkol telah dikreasikan menjadi berbagai bentuk dan macam makanan. Kandungan jengkol tersebut dipercaya memiliki beberapa khasiat yang bisa dimanfaatkan sebagai beberapa solusi dari masalah kesehatan. Nah... bagi anda penggemar masakan jengkol coba saja Resep Membuat Garang Asam Manis Jengkol (Jengkol Item). Bagaimana cara membuatnya bisa anda praktekan caranya di bawah ini beserta siapkan bahan-bahannya ya.... Selamat mencoba.


Garang Asam Manis Jengkol (Jengkol Item) - Resep dan Cara Membuatnya

Bahan :
1000 gram jengkol
30 siung bawang merah
15 bj cabe merah
2 sdm cabe giling
garam dan gula secukupnya
7 lbr salam
asem jawa secukupnya
minyak goreng secukupnya
air untuk merebus

Cara Membuat Garang Asam Manis Jengkol (Jengkol Item) :
haluskan bumbu bawang + cabe + garam.
siapkan kenceng uk. sedang, masukkan jengkol + salam + bumbu halus+ garam + gula + asam jawa, tambahkan air sampai jengkol terendam. rebus terus sampai empuk. sambil dibolak balik. bila blm empuk tambahkan lagi airnya. sambil diicip rasanya sesuaikan rasa asin asem manisnya.
setelah airnya agak asat masukkan minyak goreng. bolak balik sampai kering. untuk versi yg kubuat kali ini tdk terlalu kering. inilah hasil akhirnya. tunggu dingin baru disantap kalau tidak nanti bisa jejengkolan. 😉
tips mengurangi bau jengkol. sebelum dimasak jengkol direndam dengan kopi semalaman.

0 komentar:

Posting Komentar